URAIAN TERBATAS
- Apa pengertian Layanan Purna Jual Philip Kotler?
Jawab
: Layanan purna jual adalah layanan yang diberikan perusahaan kepada
seorang konsumen setelah terjadinya
transaksi penjualan.
- Apa tujuan memuaskan pelanggan?
Jawab : Tujuan memuaskan
pelanggan adalah mendapatkan simpati dari pelanggan, sehingga perusahaan
mendapatkan keuntungan secara jangka panjang karena loyalitas pelanggan
terhadap pelayanan yang telah diberikan dan dapat juga membentuk citra
perusahaan karena para pelanggan mempunyai jaringan yang sangat besar terhadap
sesama pelanggan.
- Sebutkan faktor utama dalam menentukan tingkat kepuasan konsumen?
Jawab : a. Kualitas
produk
b. Kualitas
pelayanan
c. Emosional
d. Harga
e. Biaya
- Apa pengertian customer satisfaction?
Jawab :
Customer satisfaction adalah pelayanan kepada pelanggan sehingga pelanggan
puas karena keinginannya telah
terpenuhi.
- Bagaimana tujuan comfort service?
Jawab : Menyuguhkan
perasaan yang nyaman selama berbelanja.
- Dibentuknya Undang – Undang perlindungan konsumen sudah tentu mempunyai tujuan, apa tujuannya?
Jawab : a. Meningkatkan
kesadaran, kemampuan dan kemandirian untuk melindungi diri
b. Mengangkat harkat dan martabat
konsumen dengan cara menghindarkannya dan
ekses negatif pemakaian barang dan jasa.
c. Meningkatkan pemberdayaan konsumen
dalam memilih , menentukan dan menuntut
hak – haknya sebagai konsumen.
d. Menciptakan sistem perlindungan
konsumen yang mengandung unsur kepastian hukum dan keterbukaan informasi serta
ekses untuk mendapat informasi.
e. Menumbuhkan kesadaran pelaku usaha mengenai pentingnya perlindungan konsumen sehingga
tumbuh sikap yang jujur dan bertanggung jawab dalam berusaha.
f. Meningkatkan kualitas barang atau
jasa yang menjamin kelangsungan usaha produksi barang / jasa, kesehatan,
kenyamanan, keamanan, dan keselamatan konsumen.
- Apa yang harus konsumen dapatkan alam tahap pra transaksi?
Jawab : Konsumen harus
mendapatkan informasi atas barang / jasa yang akan dibelinya secara benar,
jelas, dan jujur melalui brosur, label, iklan, ataupun bentuk informasi lain
yang diberikan pelaku usaha.
- Sebutkan tahap purna transaksi bagi konsumen!
Jawab : Pada tahap
purna transaksi ini berhubungan dengan tingkat kepuasan konsumen, apakah barang
/ jasa yang dibelinya sesuai dengan apa yang diiklankan, sesuai dengan jaminan
atau layanan purna jualnya sudai memadai atau belum.
- Sebutkan pengaruh pelayanan purna jual terhadap customer satisfaction!
Jawab : Customer
satisfaction tidak hanya dipengaruhi oleh kualitas produk perusahaan tetapi
juga dipengaruhi oleh layanan dan dukungan yang diberikan perusahaan kepada
customernya termasuk pelayanan purna jual.
- Berilah contoh layanan purna jual !
Jawab
: Ada dua jenis layanan purna jual :
a. Pelayanan
purna jual selama masa garansi jaminan pemeriksaan, perbaikan / penggantian
barang / komponennya tidak berfungsi dengan biaya ditanggung oleh principal
selama barang digunakan / dioperasikan.
b. Pelayanan
purna jual pasca garansi, jaminan perawatan berkala, perbaikan, penggantian dan
ketersediaan komponen dari barang yang berdangkutan, ketersedian teknologi,
tenaga teknis yang kompeten serta bengkel perawatan dan perbaikan yang
disediakan dengan biaya yang dibebankan kepada konsumen .
ESSAI
- Atraksi ialah segala service yang diberikan penjual dengan tujuan menarik perhatian pembeli supaya masuk ke toko dan berbelanja dapat berupa
Jawab : Ajakan melalui
pengeras suara, hiasan window display, iklan atau penitipan sepeda motor dan
mobil tanpa membayar ongkos penitipan.
- Lima dimensi pokok kualitas kualitas layanan yaitu :
Jawab : a. Bukti fisik
b.Reliabilitas
c. Daya tanggap
d. Jaminan
- Jaminan ( assurance) meliputi
Jawab : a. Keramahan
dan sopan santun karyawan dalam melayani konsumen
b.Pengetahuan karyawan tentang produk /
jasa yang ditawarkan
c. Keterampilan karyawan
dalam melayani konsumen
d. Keamanan dalam melakukan
bisnis dengan perusahaan
e. Keamanan dari
gangguan tindak kejahatan
f. Keakuratan data /
informasi yang diberikan kepada konsumen
- Dalam pelayanan terdapat level – level pelayanan yang dapat diberikan kepada pelanggan yaitu :
Jawab : a. Customer
service
b.Customer satisfaction
c. Customer care
d. Customer delight
- Tujuan memuaskan pelanggan adalah
Jawab : Tujuan
memuaskan pelanggan adalah mendapatkan simpati dari pelanggan, sehingga
perusahaan mendapatkan keuntungan secara jangka panjang karena loyalitas
pelanggan terhadap pelayanan yang telah diberikan dan dapat juga membentuk
citra perusahaan karena para pelanggan mempunyai jaringan yang sangat besar
terhadap sesama pelanggan.
- Pelayanan purna jual yang diberikan perusahaan diantaranya adalah
Jawab : a. Assurance
(jaminan)
b.Maintenance (pemeliharaan)
c. Responsive (daya
tanggap)
- Tujuan dari adanya perlindungan konsumen adalah
Jawab : : a.
Meningkatkan kesadaran, kemampuan dan kemandirian untuk melindungi diri
b. Mengangkat harkat dan martabat
konsumen dengan cara menghindarkannya dan
ekses negatif pemakaian barang dan jasa.
c. Meningkatkan pemberdayaan konsumen
dalam memilih , menentukan dan menuntut
hak – haknya sebagai konsumen.
d. Menciptakan sistem perlindungan
konsumen yang mengandung unsur kepastian hukum dan keterbukaan informasi serta
ekses untuk mendapat informasi.
e. Menumbuhkan kesadaran pelaku usaha mengenai pentingnya perlindungan konsumen sehingga
tumbuh sikap yang jujur dan bertanggung jawab dalam berusaha.
f. Meningkatkan kualitas barang atau
jasa yang menjamin kelangsungan usaha produksi barang / jasa, kesehatan,
kenyamanan, keamanan, dan keselamatan
- Seorang konsumen didalam melakukan transaksi jual beli melalui beberapa tahap yaitu
Jawab : a. Tahap pra transaksi
b.Tahap transaksi
konsumen
c. Tahap purna
transaksi
- Kata garansi berasal dari bahasa inggris guarantee yang berarti
Jawab : Jaminan /
tanggungan
- Dalam menentukan tingkat kepuasan konsumen, terdapat lima faktor utama yang harus diperhatikan oleh perusahaan yaitu
Jawab : a. Kualitas
produk
b. Kualitas
pelayanan
c. Emosional
d. Harga
e. Biaya
- Ada dua macam jaminan dalam praktik jual beli produk yaitu
Jawab : a. Express
warranty
b.Implied warranty
- Pembeli tidak berhak menawar syarat – syarat yang telah ditentukan oleh penjual. Dalam perjanjian ini pembeli hanya dihadapkan pada dua pilihan
Jawab : Iya atau tidak
- Ada berapa yang dapat kita lakukan untuk meminimalkan ketidak puasan pelanggan, yaitu
Jawab : 5
- Persyaratan umum layanan purna jual yang ditentukan dalam SNI No 7229 : 2007 adalah
Jawab : Jaminan
pelayanan purna jual dilakukan dengan penyediaan tidak terbatas pada identitas
dan spesifik barang, prosedur, buku petunjuk, leaflet, brosur, skema / gambar
atau media pendukung lainnya yang menggunakan bahasa Indonesia dan mudah
dimengerti.
- Layanan purna jual ini sering disamakan dengan istilsh
Jawab : Garansi
Tidak ada komentar:
Posting Komentar